Video: Para Pemenang Grand Prix Cannes Lions 2018

By Marnala Eros, Jun 29, 2018

Video: Para Pemenang Grand Prix Cannes Lions 2018

Setiap tahun sejak 1954 Cannes Lions International Festival of Creativity memberi penghargaan bagi marketing campaign yang menonjol di dunia periklanan. Di lingkup industri kreatif dan marketing communication, Lions merupakan penghargaan paling mapan dan bergengsi; menang berarti menempatkan brand, produk, dan agensi Anda dalam kelompok elit.

Menurut situs resmi Cannes Lions, karya yang menang "berhasil memberi ROI 54% lebih tinggi dari karya yang tidak menang". Oleh karena itu penghargaan ini terbilang penting; mereka punya semua dari adu kreativitas tingkat dunia, prestise tinggi, lalu efeknya pun positif untuk konteks pemasaran.

Pada 2018 Cannes Lions bertempat di Palais des Festivals et des Congres, Cannes, dari 18-22 Juni. Karya-karya terbaik per kategori dianugerahi titel yang dikenal dengan sebutan Grand Prix. Tahun ini ada 30 Grand Prix yang dibagikan dan di antaranya terdapat sejumlah campaign menarik dan inovatif yang menurut kami layak untuk disebarluaskan. Simak beberapa pilihan kami di bawah.

Barometer

Bodyform "Blood normal" oleh Abbott Mead Vickers BBDO

Campaign Bodyform merupakan iklan Inggris Raya pertama yang menggambarkan secara nyata darah menstruasi, berkebalikan dengan cairan biru yang biasanya terdapat pada produk-produk serupa.

Desain + PR

LadBible and Plastic Oceans Foundation "Trash Isles" oleh Abbott Mead Vickers BBDO

AMV BBDO memproklamasikan negara pertama di dunia yang terbuat dari sampah plastik di lautan supaya negara-negara lain tergerak untuk memberantas penggunaan plastik sekali pakai. Dua kategori sukses disabet.

Desain Produk

Kingo Energy "Kingo" oleh Ogilvy Colombia

Kingo dan Ogilvy membuat alat yang dapat menyediakan listrik dari energi matahari bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil.

Hiburan - Musik

Apple "Welcome home" oleh TBWA\Media Arts Lab Los Angeles

Disutradarai oleh Spike Jonze, salah satu video musik terbaik tahun ini yang sebenarnya iklan menampilkan FKA Twigs pulang ke rumah, lalu berdansa diiringi Anderson Paak. via pengeras suara HomePod.

Film Craft

Komite Internasional Palang Merah "Hope" oleh SRA Rushmore

Kisah haru seorang ayah membawa anaknya yang terluka ke rumah sakit di daerah perang.

Inovasi

Kementrian Komunikasi dan Teknologi Kolombia "My Line" oleh MullenLowe SSP3

Campaign buatan pemerintah ini memungkinkan masyarakat yang hidup tanpa telepon pintar dan internet guna menghubungi nomor lokal supaya dapat mengakses Google Assistant. Mereka yang hidup tanpa internet kini bisa mendapatkan akses informasi dengan cepat, terima kasih kepada... internet.

Mobile

Reclame Aqui "Corruption Detector" oleh Grey Brazil

App ini menggunakan teknologi facial recognition untuk mengenali politisi Brazil mana yang tersangkut kasus korupsi. Tepat guna bagi tempat-tempat yang punya masalah akut korupsi.

Daftar lengkap 30 pemenang Grand Prix bisa diintip di sini.

 

Sumber Foto: Motivate Val Morgan