Rekomendasi 5 Film Dokumenter Menarik Rilisan 2016

By Marnala Eros, Sep 16, 2016

Rekomendasi 5 Film Dokumenter Menarik Rilisan 2016

Akhir pekan segera tiba, saatnya memikirkan rencana apa saja yang harus dilakukan... di dalam rumah. Menonton merupakan salah satu opsi terbaik dan ketika raga sudah bermalas-malasan, sebaiknya otak jangan ikut-ikutan. Alangkah baiknya menambah pengetahuan dengan suguhan dokumenter terbaik yang dirilis pada rentang sembilan bulan ke belakang, selama tahun 2016 berjalan. Berikut beberapa yang Yoodeo rekomendasikan untuk Anda yang lapar akan kisah nyata dan menyentuh jiwa. Kami merangkumnya dari berbagai sumber, menimbang, berharap cerita-cerita universal ini klop sebagai peneman waktu istirahat Anda.

1. The Beatles: Eight Days a Week

Sutradara: Ron Howard

Sinopsis: Perjalanan karier The Beatles yang berfokus pada tahun-tahun tur mereka yang terbentang dari 1962 hingga 1966. Dari penampilan yang kelak melejitkan mereka di the Cavern Club, Liverpool (pertama kali dilihat oleh Brian Epstein yang kemudian menjadi manajer) sampai konser terakhir di San Francisco, AS pada 1966.

2. Cameraperson

Sutradara: Kirsten Johnson

Sinopsis: Dari pertandingan tinju di Brooklyn; hidup pada masa sesudah perang di Bosnia-Herzegovina; kehidupan sehari-hari bidan Nigeria; momen intim bersama keluarga di rumah: inilah kumpulan footage yang terekam dalam Cameraperson, dokumenter perjalanan 25 tahun pembuat film dokumenter Kirsten Johnson. Di sini dia mengeksplorasi hubungan antara pencipta gambar dengan subjeknya, tensi antara objektivitas dan intervensi terhadap kamera, serta interaksi kompleks dari realita tak tersaring dan bangunan narasi.

3. Lo and Behold, Reveries of the Connected World

Sutradara: Werner Herzog

Sinopsis: Pembuat film dokumenter senior Werner Herzog (Grizzly Man, Cave of Forgotten Dreams) menjelajah masa lalu, sekarang, dan masa depan internet yang terus berkembang. Bekerjasama dengan NETSCOUT yang memimpin jaminan real-time dan layanan keamanan cyber, Herzog mewawancarai para pionir keamanan cyber dan pencerah seperti PayPal dan salah satu pendiri Tesla, Elon Musk, juga penemu Internet protocol Bob Kahn sampai hacker Kevin Mitnick.

4. Fire at Sea

Sutradara: Gianfranco Rosi

Sinopsis: Dokumenter yang menangkap kehidupan di kepulauan Lampedusa, Italia, yang merupakan garis depan krisis imigran Eropa. Terletak di 200km dari garis pantai selatan Italia di perairan Mediterania, Lampedusa menjadi tajuk utama dunia dalam beberapa tahun terakhir akibat ratusan dari ribuan imigran Afrika dan Timur Tengah berharap mencari hidup baru di Eropa. Film ini berjalan di seputar bocah berumur 12 tahun, anak lokal yang senang berburu dengan ketapelnya.

5. The Lives of Therese

Sutradara: Sebastien Lifshitz

Sinopsis: Film 52 menit yang menampilkan profil aktivis feminis dan LGBT asal Perancis, Therese Clerc, yang direkam tatkala dirinya tengah berjuang melawan penyakit. Clerc wafat beberapa minggu sebelum film ini tayang secara luas.

Jadi, sudah tahu mau nonton yang mana?

Tags: