Nike Rayakan 30 Tahun 'Just Do It' dengan Pesan Penting dari Colin Kaepernick

By Marnala Eros, Sep 10, 2018

Nike Rayakan 30 Tahun 'Just Do It' dengan Pesan Penting dari Colin Kaepernick

Nike meluncurkan iklan terbaru mereka yang diproyeksikan tayang selama pertandingan pembuka musim NFL. Klip dua menit ini turut menghadirkan Colin Kaepernick, mantan quarterback San Fransisco 49ers yang beberapa waktu silam memprotes kekerasan berbau rasial dengan berlutut saat menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Pada September beberapa hari lalu videonya sudah dapat disimak di kanal YouTube brand yang berpusat di Oregon ini. Reaksi yang muncul pun terbelah.

Dalam video Kaepernick membacakan narasi dengan montage orang-orang yang dapat mengatasi ketidakberuntungan dan berusaha menjadi yang terbaik di bidangnya serta lebih besar dari olahraganya sendiri. Satu momen penting yakni ketika Kaepernick muncul sebagai narator sembari berucap, "Believe in something, even if it means sacrificing everything."

Opini publik terbelah: satu memuji, lainnya mencaci. Sejumlah konsumen memprotes lewat media sosial dengan membagikan foto-foto mereka membakar produk Nike dan menyuarakan boikot. Yang lain memberi acungan jempol pada kerjasama antara Nike dan Kaepernick.

Tiga puluh tahun Nike dikenal dengan slogan "Just Do It" dan video yang dirilis guna merayakan slogan tersebut datang dengan sederhana, memperkuat pesan yang kuat tersebut. Apapun reaksi dari publik, Nike jelas tahu apa yang mereka mau. Bukan pertama kali Nike berbicara atau berada di balik isu dan sosok kontroversial. Simak videonya.

Pembaruan:

Pada Jumat (14/9) saham Nike mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah. Menurut analis Wall Street, hal tersebut disebabkan oleh kampanye di atas.