Jenis Video yang Banyak Ditonton Selama Piala Dunia

By Marnala Eros, Jul 5, 2018

Jenis Video yang Banyak Ditonton Selama Piala Dunia

Piala Dunia 2018 telah memasuki fase sepertiga akhir. Dari total 32 peserta, kini tinggal delapan tim tersisa memperebutkan hadiah terbesar di jagad olahraga. Kemeriahannya terasa di mana-mana, entah itu di ruang tamu Anda atau di tempat-tempat umum, tak terkecuali di internet.

Video merupakan salah satu alat utama dalam memasarkan euforia empat tahunan ini. Baru-baru ini Tubular Insights merilis Tubular's 2018 World Cup Report yang berisi beberapa hal seperti bagaimana memanfaatkan perhelatan ini; video seperti apa yang banyak dicari orang?

Ternyata musik dapat menjadi salah satu cara bagi brand yang mau memproduksi social video dan branded video. Video Piala Dunia yang paling banyak ditonton adalah Shakira dengan "Waka Waka (This Time for Africa)", lagu tema resmi Piala Dunia 2010 yang mengumpulkan 1,8 milyar views.

Di tempat kedua ada lagu resmi Piala Dunia 2014 yang dinyanyikan Pitbull "We Are One (Ole Ola) (Olodum Mix)" dengan 634 juta views.

Faktanya, konten sepakbola dan musik sanggup memperlebar jumlah audiens. Menurut laporan Tubular, video-video YouTube bertema Piala Dunia yang menggandeng musik mampu menjangkau 12% lebih banyak perempuan daripada video-video standar saat Euro 2016.

Pada Piala Dunia 2018, Tubular Labs merangkum data mengenai video-video yang paling banyak ditonton selama ajang tersebut berlangsung (kini akan memasuki minggu keempat), diukur dengan V3 (total views dari tiga hari pertama sejak video dirilis).

Lagi-lagi lagu resmi duduk di puncak. "Live It Up" dari Nicky Jam sudah meraup 54,3 juta views sejauh ini dan tidak ada tanda-tanda melambat. Kehadiran Will Smith dan Era Istrefi turut menjadi faktor pendukung.

Piala Dunia kali ini dibuka dengan gelontoran gol dari dua tim kuat Eropa yang baru saja tersingkir: Portugal vs Spanyol di fase grup yang berakhir sama kuat. Ada enam gol tercipta di antara mereka; faktor yang membuat orang banyak berkunjung ke channel FIFA serta video teratas yang diurutkan dengan V3 (29 juta views dalam tiga hari).

Sedangkan di tempat kedua V3 ada kemenangan tiga gol tanpa balas Kroasia atas Argentina yang dapat dikatakan sebagai hasil paling mengejutkan dari fase grup (12,8 juta views).

Qatar Airways yang merupakan salah satu sponsor Piala Dunia memanfaatkan kesempatan menggandeng musik dalam rupa Nicole Scherzinger yang membawakan "Dancing in the Street" di Facebook Video - menunjukkan hubungan antara brand dan kemampuan sepakbola dalam menyatukan banyak orang, tak melihat dari mana asal mereka. Saat ini QA telah ditonton 10,3 juta pemirsa di Facebook.

Data ini dapat menjadi insight bagi para pedagang social video dan branded video di masa mendatang. Anda dapat membaca laporan lengkapnya di sini.

 

Sumber Foto: The Verge