Film Indie Terbaik 2017 Sejauh Ini

By Marnala Eros, Jul 28, 2017

Film Indie Terbaik 2017 Sejauh Ini

Film-film dari studio besar yang rilis pada pertengahan 2017 terbilang baik. Franchise populer macam LoganWonder Woman dan Spider-Man: Homecoming tidak mengecewakan. Bahkan naskah orisinal macam Baby Driver dan Dunkirk sanggup berjaya di jalur box office.

Formula sekuel dan adaptasi masih dipegang kuat oleh Hollywood, yang flop pun masih tetap ada, tapi abaikan saja. Menuju semester kedua 2017, berarti kita sudah menikmati cukup banyak rilisan visual panjang menarik yang menghiasi lesunya hari-hari. Film-film ini mungkin tidak berkibar dibicarakan orang banyak, namun bagi penggemar sinema tetap memiliki nilai artistik yang memuaskan. Mereka ini pun biasanya menerima ulasan bagus di festival film, lantas hak distribusinya dibeli dan telah membuktikan kualitasnya kepada penonton. Ada yang sempat tayang di bioskop, tapi tak sedikit pula yang mesti membuatmu berusaha lebih guna mendapatkannya.

Jadi, bagi kamu yang butuh rekomendasi hiburan guna menghabiskan akhir pekan, patutlah disimak judul-judul di bawah ini demi tak ketinggalan perkembangan sinema independen sekaligus melupakan sejenak penatnya pekerjaan. Oh ya, posisi mereka ini sama saja, tidak diurutkan berdasarkan yang terbaik.

1. Get Out

Genre: Horor
Sutradara-penulis: Jordan Peele
Pemain: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Caleb Landry Jones, Stephen Root, LaKeith Stanfield, Catherine Keeener.

Sinopsis: Seorang pemuda berdarah Afrika-Amerika bertemu dengan orangtua pacarnya yang berkulit putih di rumah terpencil dikelilingi pepohonan. Namun suasana bersahabat dan beradab lama kelamaan seakan berselimut misteri serta mimpi buruk.

2. The Beguiled

Genre: Drama
Sutradara-penulis: Sofia Coppola
Pemain: Colin Farrell, Nicole Kidman, Kirsten Dunst, Elle Fanning.

Sinopsis: Kedatangan tak terduga seorang prajurit Union yang terluka (Colin Farrell) ke sebuah asrama khusus perempuan menimbulkan kecemburuan dan pengkhianatan kepada sesama penghuni.

3. Colossal

Genre: Fantasy-black comedy
Sutradara-penulis: Nacho Vigalondo
Pemain: Anne Hathaway, Jason Sudeikis, Dan Stevens, Austin Stowell, Tim Blake Nelson.

Sinopsis: Gloria (Anne Hathaway), penulis muda doyan pesta yang terpaksa meninggalkan kehidupannya di New York dan harus kembali ke rumah. Ketika berita melaporkan bahwa makhluk raksasa menghancurkan Seoul, dia menyadari kalau dirinya berkaitan dengan fenomena tersebut.

4. I Don't Feel at Home in This World Anymore

Genre: Comedy thriller
Sutradara-penulis: Macon Blair
Pemain: Melanie Lynskey, Elijah Wood, David Yow, Jane Levy, Devon Graye.

Sinopsis: Seorang wanita depresi mendapati rumahnya kemalingan. Dia pun mendapat tujuan hidup baru dengan memburu perampok yang mengambil benda warisan neneknya. Namun pencarian bersama tetangganya yang aneh berujung pada sekelompok penjahat imoral.

5. Raw

Genre: Horor
Sutradara-penulis: Julia Ducournau
Pemain: Garance Marillier, Ella Rumpf, Rabah Nait Oufella, Laurent Lucas, Joana Preiss.

Sinopsis: Justine (Garance Marillier) sudah menjadi vegetarian sejak lama. Saat baru menginjakkan kaki di sekolah kedokteran hewan, dia dipaksa mengikuti ritual karnivora. Selera terhadap daging dalam dirinya pun mulai tumbuh.

6. The Big Sick

Genre: Romantic-comedy
Sutradara: Michael Showalter
Penulis: Kumail Nanjiani, Emily V. Gordon.
Pemain: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano, Adeel Akhtar, Anupam Kher.

Sinopsis: Sepasang kekasih dari latar belakang budaya dan ras berbeda harus berhadapan dengan isu tersebut tatkala asmara perlahan bertumbuh.

7. Before I Fall

Genre: Mystery drama
Sutradara: Ry Russo-Young
Penulis: Maria Maggenti
Pemain: Zoey Deutch, Halston Sage, Logan Miller, Kian Lawley, Jennifer Beals, Diego Boneta, Elena Kampouris.

Sinopsis: Bagaimana jika kamu cuma punya satu hari untuk mengubah segalanya? Sam (Zoey Deutch) punya semua: teman sempurna, lelaki sempurna, dan tampaknya masa depan sempurna. Namun semua berubah. Usai menghabiskan satu malam, dia terperangkap di hari yang sama, terus menerus. Sam mulai mempertanyakan betapa sempurnanya hidup yang dia punya.

8. A Ghost Story

Genre: Drama-supernatural, fantasy
Sutradara-penulis: David Lowery
Pemain: Rooney Mara, Casey Affleck.

Sinopsis: Hantu berselimutkan seperai putih berusaha berhubungan kembali dengan istrinya yang masih berkabung.

9. Okja

Genre: Action-adventure
Sutradara: Bong Joon-Ho
Penulis: Bong Joon-Ho, Jon Ronson
Pemain: Tilda Swinton, Paul Dano, Ahn Seo-hyun, Byun Hee-bong, Steven Yeun, Lily Collins, Yoon Je-moon, Shirley Henderson, Jake Gyllenhaal.

Sinopsis: Mija (Ahn Seo-hyun), anak kecil yang rela mengorbankan semuanya demi menghentikan perusahaan multi-nasional penuh kuasa yang mengambil sahabatnya - makhluk memikat bernama Okja.

10. It Comes at Night

Genre: Horror-mystery.
Sutradara-penulis: Trey Edward Shults
Pemain: Joel Edgerton, Christopher Abbott, Carmen Ejogo, Kelvin Harrison Jr., Riley Keough.

Sinopsis: Terkunci di dalam rumah terpencil saat ancaman tak biasa meneror dunia, Paul (Joel Edgerton) mengeluarkan perintah keamanan terhadap istri dan anaknya, namun cobaan datang saat keluarga muda datang meminta pertolongan.

Sudah tahu film mana yang bakal kamu tonton?

Tags: 2017 Film