Film-film yang Dapat Membantu Anda Memahami Hubungan Sesama Jenis

By Marnala Eros, Jun 14, 2016

Film-film yang Dapat Membantu Anda Memahami Hubungan Sesama Jenis
Kabar duka datang dari Orlando, Florida, Amerika Serikat baru-baru ini. Sebanyak 50 orang pengunjung klab malam gay Pulse tewas menjadi korban penembakan oleh seseorang bernama Omar Mateen.
 
Menurut sang ayah, Seddique Mateen, anaknya "sangat marah" ketika suatu hari melihat dua pria berciuman di pusat kota Miami, kendati motif utamanya melakukan pembunuhan masih belum terungkap sampai sekarang.

Tetap saja, pembantaian yang dilakukannya  merupakan tindakan keji. Tidak suka bukan berarti harus melenyapkan nyawa. Mereka yang bercinta sesama jenis juga manusia. Andai Mateen mau memberi ruang untuk sebongkah pengertian, mungkin film-film di bawah ini dapat membantunya.

1. Brokeback Mountain (2005)

Kisah jatuh bangun percintaan antara dua lelaki yang diperankan dengan sangat dalam dan meyakinkan oleh Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal. Digambarkan bahwa pada saat itu (era 60-70an) menyukai sesama jenis merupakan perjuangan berat dan lebih mudah menutupinya dengan menikah dengan lawan jenis. Empat tahun sebelum film ini tayang, grup musik Padi merilis lagu yang dengan jitu merepresentasikan hubungan antara Ennis (Ledger) dan Jack (Gyllenhaal), yaitu "Kasih Tak Sampai".

2. Milk (2008)

Film ini menampilkan kehidupan politikus sekaligus aktivis gay Harvey Milk (Sean Penn) dari ulang tahunnya ke-40 sampai ketika mati ditembak oleh rekannya sesama pengawas di kantor pemerintahan kota San Francisco, Dan White (Josh Brolin). Di sini pula hubungan percintaannya turut digambarkan, meski harus kandas akibat aktivitas politiknya. Lewat Milk, Penn memenangkan Oscar keduanya sebagai Aktor Terbaik pada edisi 2009.

3. Blue is the Warmest Colour (2013)

Pada festival film Cannes 2013 ada satu film yang mengundang kontroversi akibat adegan seks frontal dan kondisi syuting yang buruk di mana kru film merasa tidak nyaman. Namun pada akhir festival film besutan Abdellatif Kechiche tersebut menjadi film pertama yang meraih Palme d'Or namun dianugerahkan kepada sutradara dan kedua aktrisnya. Padahal kontennya sederhana. Adele (Adele Exarchopoulos) seorang gadis remaja yang tak puas terhadap hubungannya dengan laki-laki lalu bertemu dan mengeksplorasi seksualitasnya dengan Emma (Lea Seydoux). Seiring beranjak dewasa, dia pun harus siap menerima risiko atas pilihannya tersebut.

4.The Kids Are All Right (2010)

Pernah terlintas bagaimana kehidupan keluarga lesbian dengan anak-anaknya? Well, film ini dengan baik menyodorkan wacana tersebut lewat perspektif anak yang ingin mengetahui siapa lelaki yang mendonorkan sperma kepada orangtuanya. Sangat pantas untuk dijadikan bahan pembelajaran.

5. Arisan! (2003)

Bukan secara keseluruhan tapi hubungan asmara antara dua orang lelaki, Sakti (Tora Sudiro) dan Nino (Surya Saputra) menjadi isu penting dalam tongkrongan arisan para sosialita yang ditulis dengan cermat oleh Joko Anwar dan diarahkan oleh Nia Dinata. Ketika dirilis sempat mengundang kehebohan berkat adegan ciuman antara Tora dan Surya. Di tengah minimnya film Indonesia yang berbicara soal hubungan sesama jenis, Arisan! adalah oase kecil yang layak diapresiasi.
Tags: