Film-film Animasi Tersukses Produksi Pixar

By Marnala Eros, Jun 22, 2016

Film-film Animasi Tersukses Produksi Pixar
Hampir sepekan sudah Finding Dory tayang di bioskop. Sejauh ini sekuel Finding Nemo tersebut telah meraup pendapatan lebih dari $200 juta di seluruh dunia alias sudah menutup bujet produksi. Keuntungan pun diprediksikan bakal terus bertambah melihat masa tayang yang masih panjang.
 
Sejak kehadiran film pertama Toy Story pada 1995 hingga Finding Dory berarti sudah 17 film panjang yang dirilis Pixar. Sejujurnya secara kualitas film-film mereka tak pernah mengecewakan. Sasarannya bukan hanya anak kecil, namun orang dewasa pun dapat ikut tersentuh lewat berbagai ceritanya yang menggetarkan dan pantas untuk disampaikan.
 
Maka keuntungan materi hanyalah bonus ketika ide dapat dieksekusi dengan baik. Mereka layak mendapatkannya. Kerja keras terbayarkan. Hampir setiap tahun ada film baru dari Pixar.
 
Tapi apakah Anda penasaran, setelah dua dekade Pixar kira-kira film apa yang paling disukai di seluruh dunia berdasarkan jumlah orang yang menontonnya? Yoodeo mengumpulkan data mengenai film-film terlaris Pixar sejauh ini, mengaitkannya dengan anggaran yang telah dihabiskan.
 
Berikut film-film tersukses produksi Pixar di box office, diurutkan dari yang paling laris dan sudah disesuaikan dengan inflasi Amerika Serikat:

1. Finding Nemo (2003)

Anggaran: $122 juta
Pendapatan Kotor: $1.22 miliar
 
Kisah seekor ikan bernama Marlin yang mencari sang anak Nemo ke berbagai penjuru laut masih menjadi film terlaris Pixar sampai detik ini dengan keuntungan sekitar sembilan kali lipat anggaran. Mereka pun mampu merebut perhatian penonton lewat visual nan emosional yang mengagumkan serta pelajaran bagi banyak orang tua bahwa seorang anak dapat dewasa secara mandiri dalam menghidupi kehidupannya.

2. Toy Story 3 (2010)

Anggaran: $219.4 juta
Pendapatan Kotor: $1.167 miliar
 
Ketika dirilis di seluruh penjuru bumi, masa tayangnya saja berlangsung dari Juni hingga Oktober dengan berbagai format. Ternyata masih banyak yang merindukan petualangan para mainan ini yang pada seri ketiganya harus berhadapan dengan kenyataan bahwa Andy telah dewasa dan hendak berkuliah. Animasi kedua Pixar yang berhasil masuk nominasi Academy Award kategori Film Terbaik. Berhasil menang dalam kategori Film Animasi Terbaik. Tentu saja.

3. Inside Out (2015)

Anggaran: $176 juta
Pendapatan Kotor: $865.5 juta
 
Kalau otak bisa ngomong, kira-kira apa yang akan mereka bicarakan? Inside Out menjawab pertanyaan tersebut lewat lima personifikasi emosi dalam pikiran seorang gadis muda. Tayang di Cannes pada Mei 2015 dan dirilis luas sebulan kemudian, Inside Out tak hanya sukses secara angka penonton namun juga berhasil memborong berbagai penghargaan seperti Academy Award, Golden Globe, BAFTA, dan Critics' Choice. Film animasi terkeren di 2015.

4. The Incredibles (2004)

Anggaran: $116 juta
Pendapatan Kotor: $799.7 juta
 
Brad Bird menjadi sutradara non-Pixar pertama yang menggarap proyek di Pixar. Setelah film animasi pertamanya, The Iron Giant, jeblok di box-office, Bird merasa tak bisa jalan sendiri dan mengajak banyak stafnya untuk bekerjasama dengan Pixar dalam pembuatan The Incredibles. Jadilah kisah keluarga superhero yang membela bumi dari serangan penjahat super yang sukses mengumpulkan banyak penonton. Film ini pulalah yang membuka pintu bagi Bird untuk kembali bekerjasama dengan Pixar di Ratatouille (2007). Oh ya, dua piala Academy Award pun diterimanya lewat dua animasi tersebut.

5. Up (2009)

Anggaran: $195.2 juta
Pendapatan Kotor: $815.7 juta
 
Bersama Walt Disney Pictures yang mengakuisisi pada 2006, Pixar mengantarkan Up menjadi film animasi pertama mereka yang berhasil masuk nominasi Academy Award kategori Film Terbaik (film animasi kedua sepanjang sejarah yang mendapat kehormatan tersebut setelah Beauty and the Beast pada 1991). Kisah cinta Carl & Ellie di awal film akan langsung membuat mata Anda basah. Selanjutnya hubungan unik pasif-agresif antara kakek Carl dan anak kecil petualang Russell menghiasi perjalanan. Nasib di box-office? Sukses besar.
 
 
Sumber: Business Insider
Tags: