Banksy Menginspirasi Gambar Kentang Terbaru McDonald's

By Marnala Eros, Oct 11, 2018

Banksy Menginspirasi Gambar Kentang Terbaru McDonald's

Sejak 2013 wabah minimal menjamur pada setiap estetika desain produk atau iklan dari McDonald's, baik outdoor maupun digital. Tren ini lantas menjangkiti agensi kreatif yang bekerjasama dengan restoran cepat saji asli San Bernardino, California.

Yang terbaru, usai pekan lalu seniman jalanan Banksy mengejutkan pengunjung rumah lelang dengan "memarut" lukisannya sendiri yang baru saja laku terjual seharga 1 juta poundsterling, dua agensi McDonald's di dua negara berbeda mengeluarkan artwork yang terinspirasi peristiwa tersebut.

 

Selang tiga hari, Richard Agius, kreatif senior TBWA\ANG (jaringan TBWA di Malta), mempublikasikan ilustrasi ini di Instagram pada Senin (8/10).

Sementara itu di Austria pada hari yang sama, DDB Vienna merilis versi mereka sendiri di Facebook. Menurut Ads of the World, para kreatif di DDB Vienna adalah creative directors Thomas Tatzl dan Andreas Spielvogel, dengan art director Babette Brunner dan konsep oleh Daniel Stieber.

Pada 2013 TBWA Paris memimpin marketing minimal McDonald's dengan menampilkan fotografi super close-up menu-menu klasik mereka, namun tidak menyertakan logo. Gambar-gambar di bawah kampanye "Unbranding" tersebar di seluruh Prancis, salah satu negara di mana kepopuleran McDonald's nyaris tidak tersaingi (Burger King kembali buka di 2012 usai tutup selama 15 tahun).

Setahun kemudian TBWA Paris melempar ilustrasi minimalis enam produk McDonald's yang cukup dikenal: big mac, cheeseburger, kentang goreng, sundae, nugget, dan filet-o-fish. Di sebelah gambar menu terdapat ilustrasi logo emas McD berukuran kecil. Sejak Juni 2014 print ad 'pictogram' ini muncul di lebih dari 2.700 display outdoor di Prancis.