Apa Saja Perkembangan Marketing Terkini yang Bermanfaat untuk Bisnis Anda?

By Marnala Eros, Nov 18, 2016

Apa Saja Perkembangan Marketing Terkini yang Bermanfaat untuk Bisnis Anda?
Sejak mewabahnya digitalisasi, dunia marketing merupakan salah satu yang terkena dampaknya. Metode semakin berkembang, corong-corong pemasaran bertambah seiring suburnya berbagai istilah baru. Dengan semakin beragamnya strategi digital, para pemilik bisnis (kecil, sedang, besar) pun memiliki lebih banyak pilihan dalam memasarkan produknya, dengan biaya yang dapat ditekan seminimal mungkin, tak lagi dalam jumlah besar seperti dahulu.
 
Ada beberapa cara mudah dan murah guna menguasai marketing di internet. Termasuk di antaranya campaign di media sosial, SEO, dan penggunaan influencer. Percayalah, biaya dan waktu yang Anda habiskan bakal sesuai dengan hasil yang didapat, jika melakukannya dengan benar.
 
Mashable bekerjasama dengan perusahaan layanan finansial Capital One dan bank online Spark Business mengundang sejumlah pemilik bisnis kecil yang memasarkan produknya secara mandiri guna berbagi pengalaman mengenai strategi apa saja yang paling baik untuk diterapkan di era digital. Sayangnya kami tak dapat menampilkan nama dan lini bisnis mereka.
 
Tentu tidak ada jalan absolut dalam mencapai target marketing Anda. Ada yang berhasil dengan satu cara, namun ada pula yang harus mengombinasikan beberapa guna mendapat hasil yang diinginkan. Anda yang paling tahu tentang produk Anda, maka Anda pulalah yang paling paham tentang apa yang mesti dipakai dan dilakukan.
 
Berikut beberapa saran yang dapat dipetik dari para pemilik bisnis kecil dari berbagai bidang, mereka yang bersentuhan langsung dengan perkembangan terkini digital marketing. Sila cari yang bakal bermanfaat bagi Anda.

Buat Produk Anda Terlihat

Carilah strategi baru dan kreatif dalam mengekspos produk Anda kepada calon pelanggan yang potensial, entah itu dengan merchandise keren atau dengan penyampaian ala masa kini. Buatlah orang lain ngeh dengan keberadaan produk Anda. Selalu ingat, baik dan buruk sebuah publikasi tetaplah publikasi. Walaupun sebagian besar dari Anda tentu memilih jalan publikasi yang aman saja.

Rangkailah Promosi dari Mulut ke Mulut

Pembeli dan pelanggan merupakan duta utama Anda. Jangan lupakan itu. Jika mereka puas dan bahagia, sebetulnya Anda tak perlu repot memikirkan berbagai strategi pemasaran. Merekalah yang bakal memasarkan produk Anda lewat berbagai testimoni dan kesan yang ditinggalkan di media sosial. Murah dan mudah. Tapi bagaimana produk Anda dapat membuat mereka melakukannya?

Sampaikan Cerita Melalui Video

Anda dapat membangun engagement dengan cara "menunjukkan", alih-alih "memberitahu", dan tak ada medium penyampaian yang lebih baik dari video. Jika sebuah gambar bernilai seribu kata, video bernilai jutaan. Banyak sekali yang dapat Anda tampilkan di video mengenai bisnis Anda, termasuk di antaranya apa yang terjadi di "dapur" Anda hingga cerita di balik produk.

Pilih Metrik yang Tepat

Di balik strategi yang dijalankan, ada nilai-nilai yang hendak dicapai dan penjualan adalah yang terpenting dari semuanya. Jangan pernah puas hanya dengan views atau impressions atau likes. Semua itu bagus, tapi konversi menjadi penjualan yang harus diutamakan. Pilihlah alat yang tepat untuk mengukur segala sesuatu mengenai penjualan Anda.

Optimasi Channel Penjualan Anda

Pastikan Anda tahu di mana orang-orang dengan mudah dapat menemukan produk Anda dan fokuslah di situ. Bukan berarti yang lain tak penting, namun menguasai satu channel penjualan lebih baik dari beberapa channel tersedia yang hanya stagnan. Tidak ada satu jawaban untuk semua masalah. Optimasikan satu atau dua channel utama Anda dan nantikan hasilnya.

Gunakan Influencer

Pada dasarnya influencer dapat dipandang sebagai pihak yang dapat memengaruhi opini publik. Temukanlah influencer yang relevan dengan audiens Anda, baik secara geografis dan sosial. Taruh pesan Anda ke channel yang spesifik melalui para influencer tersebut.

Manfaatkan SEO

Traffic melalui pencarian di internet dapat menjadi keuntungan besar bagi bisnis Anda, namun apabila content Anda yang sahih dan berguna. Galilah lebih dalam hal-hal yang relevan terhadap situs Anda. SEO bukan cuma kata-kata acak, namun yang paling berkaitan dengan bisnis Anda. Ingat, Google adalah kolam yang sangat luas. Begitu mudah menghilang di dalamnya.

Minta Bantuan Ahli

Tak ada yang salah dengan meminta bantuan tenaga ahli, dalam hal ini mereka yang punya kemampuan lebih dalam memasarkan di digital. Percayalah mereka akan membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi.
Tags: