9 Hal yang Bisa Dipetik dari Nominasi Golden Globe 2017

By Marnala Eros, Dec 13, 2016

9 Hal yang Bisa Dipetik dari Nominasi Golden Globe 2017
Arus linimasa media sosial tadi malam (12/12) yang disesaki pemberian penghargaan Critics Choice 2016, ditambah pengumuman nominasi Golden Globe 2017 menandakan satu hal: musim penghargaan resmi dimulai. Paling tidak dalam dua bulan ke depan Anda bakal sering menyaksikan berita apresiasi dalam berbagai medium, dari musik ke film, dari tokoh hingga peristiwa. Biasa, dari akhir sampai awal tahun memang waktunya retrospektif, saatnya memilih yang terbaik dari yang terbaik. Walau kadang terbaik itu relatif, namun suara atau keputusan di satu tetaplah mutlak.
 
Di Critics Choice, film musikal-fantasi La La Land pulang dengan senyum paling lebar setelah meraup total delapan penghargaan, sedangkan dalam kategori televisi ada American Crime Story: The People v. O.J. Simpson yang mendapat empat piala. Untuk pertama kali pula, malam penghargaan Critics Choice digeser ke Desember, bersamaan dengan pengumuman nominasi Golden Globe. Di tahun-tahun sebelumnya Critics Choice jatuh pada bulan Januari (bertepatan dengan pengumuman nominasi Academy Award). Tahun ini berbeda. Para kritikus film telah lebih dulu menjatuhkan pilihan, secara tak langsung mengubah statusnya menjadi salah satu acuan prediksi.
 
Kali ini Yoodeo coba menyorot nominasi Golden Globe edisi ke-74 yang baru saja diumumkan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Sebanyak 93 anggotanya memilih nama-nama terbaik dari film dan televisi guna dimasukkan ke dalam berbagai kategori yang tersedia (daftar lengkapnya dapat Anda lihat di sini). Bisa dibilang ini merupakan ajang penghargaan bidang film yang gengsinya hanya kalah dari Academy Award alias Oscar. Untuk daftar nominasi tahun ini, La La Land berhasil mendapat nominasi terbanyak (7), dibuntuti Moonlight dan Manchester by the Sea yang bakal memanaskan persaingan. 
 
Acaranya sendiri bakal berlangsung pada 8 Januari 2017 di Beverly Hilton Hotel dengan Jimmy Fallon sebagai host. Pemenang delapan Golden Globe, Meryl Streep, akan menerima penghargaan khusus Cecil B. DeMille Award. Lalu, apa saja catatan yang dapat dipetik dari nominasi Golden Globe 2017?

1. Lanjutan Dominasi La La Land

Dengan total tujuh kategori, La La Land arahan Damien Chazelle (Whiplash) yang dibintangi Ryan Gosling & Emma Stone menjadi film dengan nominasi terbanyak di Golden Globe Awards 2017. Sepanjang tahun La La Land turut mendominasi pembicaraan seputar awards season. Tak salah jikalau Anda hendak memasukkannya ke dalam daftar film wajib tonton. Bukti terbaru, di Critics Choice 2016 mereka meraih tujuh piala, termasuk Best Picture (Film Terbaik), serta dua penghargaan pribadi untuk Chazelle (Naskah dan Sutradara Terbaik). Pertanyaannya kini, apakah La La Land juga bakal berjaya di Academy Awards?
 

2. Apresiasi Tinggi untuk Mahershala Ali dan Moonlight

Drama puitis penggugah jiwa Moonlight merupakan salah satu film 2016 yang mendapat ulasan bagus serta apresiasi positif berupa penghargaan di berbagai festival film. Aktor pendukung Mahershala Ali pun tercatat sebagai pemeran pria yang paling banyak menyabet trofi di tahun ini dengan 10 kemenangan. Di Golden Globe nanti dia akan bertarung dengan Jeff Bridges (Hell or High Water), Simon Helberg (Florence Foster Jenkins), Dev Patel (Lion), dan Aaron Taylor-Johnson (Nocturnal Animals). Siapa di antara mereka yang bakal pulang dengan tawa dan piala?
 

3. Sembilan Nominasi untuk A24

Belakangan ini kita dimanjakan oleh film-film independen kelas wahid hasil sebaran dan/atau produksi A24 yang usianya terhitung muda (baru berdiri pada 2014). Sebut saja Room, Under the Skin, Amy, Ex Machina, The Witch, The Spectacular Now, hingga Spring Breakers. Masih banyak lagi. Brie Larson bahkan sudah mengantungi Piala Aktris Terbaik Oscar. Tahun ini? Semakin menjadi-jadi. A24 mengumpulkan sembilan nominasi Golden Globe, terbanyak kedua setelah Lionsgate (10), serta mengangkangi Paramount yang "hanya" mendapat delapan. Terima kasih untuk Moonlight sebagai penyumbang terbanyak, dan tentunya 20th Century Woman.
 

4. Melesatnya Casey Affleck

Ben Affleck jelas bintang film besar, tapi maaf saja, untuk tahun ini dia harus mengalah dari sang adik, Casey, yang sinarnya tengah benderang berkat Manchester by the Sea. Terlebih jika bicara musim penghargaan, Affleck yang satu ini tampak semakin dekat dengan trofi Aktor Terbaik Academy Award guna mengikuti jejak abangnya. Dengan sembilan kemenangan di berbagai festival film (termasuk Critics Choice), Casey dengan mudah menjadi favorit untuk merajai Golden Globe dan Oscar.
 

5. Isabelle Huppert: Tua Tua Keladi

Film asing (baca: non-Amerika) kadang terlihat seperti anak tiri jika menyoal ajang penghargaan di Negeri Paman Sam, namun harusnya itu pulalah yang menggelitik kita agar tak boleh melewatkan nominasi Film Asing Terbaik. Tahun ini ada Divines (Prancis), Neruda (Cili), The Salesman (Iran/Prancis), Toni Erdmann (Jerman), dan Elle (Prancis). Khusus yang terakhir, ingat judulnya baik-baik. Pada usia 63 tahun, siapa sangka Isabelle Huppert berada di titik tertinggi dalam kariernya? Tahun ini dia merupakan aktris dengan kemenangan terbanyak di ajang penghargaan . Elle sendiri berhasil meraih Film Asing Terbaik di Critics Choice dengan menyingkirkan Neruda, The Salesman, Toni Erdmann, dan Julieta karya Pedro Almodovar, mengangkat peluang mereka untuk Golden Globe dan Academy Award.
 

6. Mel Gibson > Martin Scorsese & Pablo Larrain

Heran kenapa nama Mel Gibson dan filmnya, Hacksaw Ridge, berkompetisi di ajang penghargaan seperti Critics Choice dan yang terbaru, 3 nominasi Golden Globe? Tak hanya Anda, berbagai publikasi termasuk kami pun tak dapat menyembunyikan keterkejutan. Satu dekade dikucilkan Hollywood tak membuat Gibson ogah berkarya. Tahun ini dia kembali dengan film perang Hacksaw Ridge yang meraih dua piala di Critics Choice (Best Action Movie & Best Actor in an Action Movie untuk Andrew Garfield). Tak cuma itu, Golden Globe pun lebih memilih Gibson dalam nominasi Sutradara Terbaik daripada Martin Scorsese dan Pablo Larrain yang angkat nama melalui Jackie.
 
Sekian dulu untuk lingkup film, sekarang mari beralih ke serial televisi. Tahun ini The People v O.J. Simpson: American Crime Story mendominasi dengan lima nominasi, disusul The Night Manager dengan empat buah. Untuk koridor jaringan televisi, HBO memimpin dengan 14 nominasi melalui Game of Thrones, Westworld, dan The Night Of. Di tempat kedua ada FX dengan 9 nominasi. Layaknya ajang penghargaan, selalu terdapat kejutan berupa "mereka yang tak disangka masuk" serta "mereka yang diabaikan". Penasaran? Berikut beberapa contohnya:
 

7. Tragedi Mr. Robot

Tahun lalu Mr. Robot merupakan pemenang kategori Best Drama Series. Raihan yang sangat pantas untuk kisah alienasi yang membuka mata terhadap kehancuran dominasi teknologi. Lalu apa yang terjadi dalam musim keduanya? Tak ada pengakuan oleh Golden Globe. Pihak voters lebih menginginkan serial baru (yang memang brilian) seperti Stranger Things dan Westworld. Untungnya Rami Malek dan Christian Slater masih diberi tempat untuk kategori akting.
 

8. Kembalinya Winona Ryder, Tersingkirnya Millie Bobby Brown

Seiring kariernya yang menurun, tentu mendapatkan nama Winona Ryder dalam nominasi ajang penghargaan bagaikan mencari jarum dalam tumpukan jerami. Lewat Stranger Things, jarum tersebut meruncing. Sejak menggondol Aktris Pendukung Terbaik melalui The Age of Innocence (1993), Ryder tak pernah lagi mendapat nominasi. Keajaiban Stranger Things pun perlahan dia rasakan. Namun tidak bagi favorit penggemar Millie Bobby Brown yang berperan sebagai Eleven. Layaknya di serial, dia harus menelan pil pahit berupa tiada pengakuan untuk kerja kerasnya. Masih ada tahun depan, Millie.
 

9. The Year of Donald Glover

Merilis album musik, melepas serial televisi, dipastikan bermain di spin-off Star Wars. Hanya Donald Glover yang bisa melakukannya dalam satu kalender (di musik Anda mengenalnya sebagai Childish Gambino). Produktivitasnya mengagumkan. Critics Choice sudah memberinya trofi Best Actor in a Comedy Series lewat Atlanta, Golden Globe pun menganugerahinya satu slot nominasi. Pelajaran yang bisa dipetik? Usahakan membuat dirimu disukai, niscaya akan lebih banyak keuntungan yang dituai.
 
Sudah siap menuju Golden Globe 2017?
Tags: