8 Film dari Delapan Negara Rilisan 2016 yang Sangat Layak Tonton

By Marnala Eros, Dec 22, 2016

8 Film dari Delapan Negara Rilisan 2016 yang Sangat Layak Tonton
Ketika Anda memasuki area bioskop, film-film yang terpajang siap tonton biasanya tidak menawarkan variasi pilihan atau alternatif. Biasanya Anda bakal melihat poster film Indonesia (kalau memang Anda tinggal di daratan khatulistiwa ini), film-film Amerika produksi Hollywood si penguasa industri perfilman, serta paling banter sinema Asia (Korea cukup sering). Bahkan menemukan film Jepang dan India di bioskop nasional pun terhitung sulit sekarang ini.
 
Padahal film bukan cuma milik negara-negara tersebut. Pernahkah Anda merasa bosan dengan permasalahan itu-itu saja dari ras yang sama dengan bahasa yang itu-itu saja? Jika ya, mungkin sudah saatnya Anda membuka cakrawala, merayakan perbedaan. Anda tak akan pernah tahu cerita menarik seperti apa yang tersimpan di berbagai belahan dunia jika tak pernah satu atau dua kali saja mencoba menyaksikan film-film dari negara lain. Namun jika sudah dan memang rajin melaksanakan aktivitas tersebut, bagus sekali. Level toleransi Anda harusnya tak perlu diragukan.
 
Jangan tunggu film-film berbahasa asing (non-Inggris) untuk hadir di bioskop. Anda buang-buang waktu. Bersyukurlah sekarang zamannya Internet, jadi seharusnya Anda tak perlu susah-susah mencari film-film rekomendasi Yoodeo di bawah ini. Kalau Anda bisa membaca artikel ini, kenapa tak bisa mencari film-film ini? Mereka menawarkan cerita yang tak biasa, dari latar yang berbeda-beda sehingga keautentikannya tak perlu lagi Anda ragukan. Beberapa di antaranya sudah mencetak prestasi di festival film bergengsi, telah mendapat pengakuan dari berbagai publikasi dan kritikus, serta sangat pantas guna Anda jadikan pilihan menghabiskan waktu di akhir tahun.
 
Temukan satu saja yang cocok untuk Anda. Jika ada dua atau lebih, berarti Anda memang sedang beruntung.
 
1. The Salesman (Iran)
 
Sutradara: Asghar Farhadi
 
Sinopsis: Sepasang kekasih Emad (Shahab Hosseini) dan Rana (Taraneh Alidoosti) yang pernah bermain bersama dalam drama teater Death of a Salesman-nya Arthur Miller mengontrak apartemen baru dari sesama mantan pemain. Mereka tak tahu kalau penyewa sebelumnya punya banyak klien laki-laki. Suatu malam salah seorang klien mengunjungi apartemen ketika Rana sedang sendiri di rumah. Kehidupan yang damai pun berubah dalam satu malam.

2. Our Litte Sister (Jepang)

Sutradara: Hirokazu Koreeda

Sinopsis: Tiga bersaudari yang terdiri dari Sachi (Haruka Ayase), Yoshino (Masami Nagasawa), dan Chika (Kaho) tinggal di rumah kakek-nenek mereka di kota pantai Kamakura, di mana mereka tumbuh besar setelah ditinggal cerai orangtua. Suatu hari ketiganya menerima kabar kalau sang ayah yang sudah tak mereka lihat selama 15 tahun meninggal dunia. Di pemakaman, tiga saudari yang berada di usia 20an tersebut bertemu saudari tiri mereka yang masih berumur 14 tahun, Suzu (Suzu Hirose). Karena tak ada yang mengasuhnya, Sachi si kakak tertua mengundang Suzu untuk tinggal bersama.

3. From Afar (Venezuela)

Sutradara: Lorenzo Vigas

Sinopsis: Armando, pria kaya berumur 50 tahun suka ditemani secara spesial oleh laki-laki muda, dan suatu hari di Caracas dia bertemu Elder, remaja 17 tahun yang merupakan seorang pemuka geng kriminal. Pertemuan tersebut mengubah hidup keduanya.

4. Neruda (Cili)

Sutradara: Pablo Larrain

Sinopsis: Pada 1948, akibat mengkritik kebijakan anti-komunis Presiden Gabriel Gonzalez Videla (Alfredo Castro) dalam sebuah kongres, senator Partai Komunis yang dikenal sebagai penyair Pablo Neruda (Luis Gnecco) menjadi orang paling dicari. Penangkapannya dikomandoi oleh seorang fasis, Oscar Peluchonneau (Gael Garcia Bernal).

5. Toni Erdmann (Jerman-Austria)

Sutradara: Maren Ade

Sinopsis: Winfried Conradi (Peter Simonischek), seorang guru musik nyentrik yang sudah bercerai, memutuskan untuk bertemu dan berhubungan kembali dengan putrinya, Ines (Sandra Huller), yang berkarier sebagai konsultan bisnis dan tinggal di Rumania.

6. Tanna (Australia)

Sutradara: Martin Butler & Bentley Dean

Sinopsis: Kisah cinta dari kepulauan Vanuatu yang berada di Pasifik Selatan berdasarkan cerita nyata sepasang kekasih dari suku pedalaman yang memilih untuk menikah daripada mengikuti keinginan orangtua mereka. Perselisihan antar keluarga di desa Yakel ini dalam beberapa hal bakal mengingatkan Anda kepada Romeo dan Juliet.

7. Elle (Perancis)

Sutradara: Paul Verhoeven

Sinopsis: Michele Leblanc (Isabelle Huppert) adalah seorang pemimpin perusahaan video game yang sukses. Suatu hari dia diperkosa oleh orang tak dikenal di rumahnya sendiri. Bukannya melapor ke polisi, Michele malah mengejar balik lelaki tersebut. Kejar-kejaran ala kucing dan tikus pun terjadi.

8. The Handmaiden (Korea Selatan)

Sutradara: Park Chan-wook

Sinopsis: Wanita muda Jepang bernama Lady Hideko (Kim Min-hee) tinggal di rumah besar nan terpencil, mempekerjakan wanita Korea sebagai pelayannya, tak tahu kalau wanita tersebut merupakan salah satu kepingan seorang penipu yang mengincar hartanya.

Tags: