5 Sekuel Populer yang Lebih Keren dari Film Pertamanya

By Marnala Eros, Jun 27, 2016

5 Sekuel Populer yang Lebih Keren dari Film Pertamanya
Dalam industri hiburan, khususnya film, terlihat wajar jika sebuah blockbuster yang sukses di box office diikuti oleh episode selanjutnya atau sering disebut sebagai sekuel. Bahkan untuk beberapa franchise, sekuel sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, sebelum film pertamanya dirilis malah. Mereka yakin bisa meraup keuntungan super besar, tak peduli jika buruk secara kualitas.
 
Sekuel ada di mana-mana. Dengan mudah dapat Anda temukan di bioskop terdekat. Ketika artikel ini ditulis saja ada tiga sekuel yang tengah tayang yaitu Finding Dory, The Conjuring 2 dan Independence Day: Resurgence.
 
Yang menarik, sekuel sering dikaitkan dengan cari untung semata. Hanyalah taktik bisnis guna meraup penjualan tiket dan perhatian penggemar. Padahal belum tentu, tak semua sekuel begitu. Cukup banyak sekuel yang secara kualitas lebih baik ketimbang film pertama, yang beberapa di antaranya:

1. The Godfather Part II

The Godfather tentu merupakan sebuah mahakarya. Sampai sekarang adaptasi novel Mario Puzo tersebut adalah tonggak untuk genre gangster movie, juga film yang mampu mengangkat status Francis Ford Coppola ke deretan sutradara tersohor. Tapi percayalah, sekuelnya lebih "gila" lagi. The Godfather II mencetak sejarah sebagai sekuel pertama yang sanggup meraih Academy Award untuk Film Terbaik. Berkat penampilan luar biasanyalah pula sebagai Vito Corleone muda, Robert De Niro angkat nama. Satu piala Oscar menjadi koleksinya.

2. Terminator 2: Judgment Day

Di sinilah pamor teknologi CGI (computer-generated imagery) mulai merebak. Penggunaan efek visual natural human motion tersebut sedemikian canggih dan ikoniknya hingga membuat sang sekuel jauh lebih menarik ditonton ketimbang film pertama. American Film Institute sendiri menobatkannya sebagai salah satu film action, juga sekuel terbaik sepanjang masa.

3. The Lord of the Rings: The Return of the King

Yang brengsek dari Peter Jackson adalah dia tak berhenti mengejutkan penggemarnya. Setelah dua film pertama Lord of the Rings, yang ketiga tampak seperti jadi bumbu tambahan semata. Salah besar. Inilah film kedua dalam sejarah yang mendulang pendapatan $1 miliar di box office. Tak cuma sukses secara komersial, Return of the King juga diganjar 11 Academy Awards, sapu bersih terbanyak dalam sejarah Oscar, sejajar dengan Ben-Hur (1959) dan Titanic (1997).

4. The Dark Knight

Tak bisa dijelaskan lebih jauh selain film superhero terbaik sepanjang masa dan sudah sepatutnya para penggemar berterima kasihlah pada Christopher Nolan karena sudah menciptakan citra Batman yang tak pernah mampir di pikiran paling liar sekalipun.

5. Star Wars V: The Empire Strikes Back

Di sinilah banyak jawaban terkuak dan momen penting tercipta. Tanyakan pada penggemar Star Wars di sekitar Anda, harusnya mereka setuju bahwa Empire Strikes Back lebih keren dari film pertama atau episode keempat. Pada 2008 majalah Empire menempatkan film ini sebagai yang terbaik ketiga dari daftar 500 film terbaik sepanjang masa. Sampai sekarang masih jadi sekuel terlaris kedua dalam sejarah box office.
Tags: